Thursday, September 19, 2019

PAGELARAN WAYANG KULIT DALAM RANGKA SERAH TERIMA SISWA BARU SMPN 1 SIDOREJO

Bupati Menyerahkan Wayang Kepada Dalang Cilik



Jari jemari mungil “menari - nari” lincah di atas instrumen gamelan. Ada yang menabuh gendang, saron, ada juga yang memukul bonang. Para anak kecil itu terlihat kompak memainkan alat-alat musik khas Jawa.
Ya, malam ini murid - murid SMP negeri 1 Sidorejo sedang tampil dalam seni pegelaran wayang kulit dalam rangka serah terima siswa baru tahun ini. Jumat ( 18 juli 2019 ).
Sebagai negara yang kaya dengan seni dan budaya adi luhung, Indonesia sedang berada di tengah peradaban modern. Budaya asing mengalir begitu derasnya. Sayangnya sebagian dari kita terbilang instan mengadopsi seni dan budaya asing, sehingga rasa cinta masyarakat kita terhadap seni dan budaya sendiri makin lama memudar. Banyak remaja zaman sekarang yang kurang mengenal budaya leluhurnya.
Berangkat dari masalah itu, SMPN 1 Sidorejo mulai melakukan “edukasi” melalui ekstra seni karawitan dan seni wayang kulit.
Terbukti pada malam ini SMPN 1 Sidorejo mampu menampilkan pagelaran wayang kulit yang dimainkan oleh anak didiknya.
Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, S.H, M.Si yang hadir langsung dalam acara tersebut merasa bangga dan memberi apresiasi yang tinggi atas usaha keras, tekat dari SMPN 1 Sidorejo yang ikut melestarikan budaya nusantara.
Bupati dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada orang tua murid yg telah mempercayakan putra - putrinya kepada SMPN 1 Sidorejo, sekolah ini merupakan penggambaran Indonesia karena disini terdapat keragaman, sehingga disinilah siswa dididik untuk saling toleransi untuk mewujudkan generasi yang jujur, disiplin dan setia pada Pancasila.
Di akhir sambutannya Bupati berpesan agar bapak ibu guru mampu mendidik dan mengarahkan murid - muridnya sesuai dengan passion, karena dengan bakat yang di arahkan/ dikembangkan maka satu ketika bakat itulah yang akan membawa berkah bagi kehidupan masa depan.

Bupati Magetan memberikan sambutan



No comments:

Post a Comment